KSR

http://localhost/INKOM/wp-content/uploads/2015/01/6683logo-ksr.jpg

     KSR merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UNJANI yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan. Didirikan pada tanggal 30 Oktober 1996 oleh saudara Achmad, saudara Petrus, dan kawan–kawan yang mempunyai keinginan sama dalam membaktikan dirinya dibidang kemanusiaan.

     Sejak saat itu tahun demi tahun, KSR-PMI unit UNJANI terus berkembang sebagai wadah organisasi yang ditujukan bagi seluruh lapisan civitas akademika UNJANI yang mempunyai jiwa kemanusiaan KSR-PMI unit UNJANI senantiasa merekrut anggota dan melakukan regenerasi, hingga sampai periode tahun 2013-2014 ini telah terbentuk XVI Angkatan dengan anggota aktif berjumlah 200 orang.

     Secara struktural, lingkup kegiatan KSR-PMI unit UNJANI terbagi dalam 5 Bidang, yaitu: Bidang Keilmuan dan Penalaran (PENIL), Bidang Pengabian Masyarakat (PENGMAS), Bidang Hubungan Masyarakat (HUMAS), Bidang Logistik, dan Bidang Penelitian dan Pengembangan Organisasi Keanggotaan (LITBANG dan ORGATA). Masing-masing bidang memiliki kontribusi khusus sesuai bidangnya dalam menunjang dan membina kualitas para anggota KSR PMI unit UNJANI.

    Dalam perjalanan keorganisasiannya, KSR-PMI unit UNJANI telah banyak melakukan kegiatan kemanusiaan baik dalam bentuk kegiatan rutin seperti balai pengobatan, khitanan massal, donor darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kesehatan, bantuan kesehatan lapangan (Bankeslap), penyuluhan dan pendidikan masyarakat, pojok gizi, fogging, pembagian obat serta bentuk pengabdian masyarakat lainnya. Selain kegiatan sosial rutin tesebut, KSR-PMI unit UNJANI juga turut serta dalam pertolongan saat bencana alam Tsunami di Aceh, longsor di TPA Leuwi Gajah, banjir di Bale Endah Kab.Bandung, banjir di Melong Bandung, longsor di Cililin, banjir di Jakarta, dan keadaan siaga lainnya.

     Penyelenggaraan Diklat KSR-PMI unit UNJANI meliputi pengetahuan manajemen berorganisasi, kepemimpinan, pengetahuan dasar mengenai Pertolongan Pertama (PP), Bantuan Hidup Dasar (BHD), Pertolongan Pertama Pada Bencana (P3B), Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Pendidikan Remaja Sebaya (PRS), Perawatan Keluarga (PK), Pengenalan Search And Rescue (SAR), Survival, Dapur Umum (DU), Manajemen Perjalanan dan lainnya. Di samping itu, diselenggarakan juga berbagai kegiatan khusus sehingga keseluruhan Diklat KSR-PMI unit UNJANI membentuk anggotanya menjadi berkompeten dan mampu menjalankan tugas kemanusiaan secara optimal sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal kesehatan masyarakat.

     Enam belas tahun berlalu, kini KSR-PMI unit UNJANI telah melepaskan manusia-manusia tangguh dan berkualitas dalam masyarakat, yang Insya Allah berusaha seoptimal mungkin dalam membantu warga masyarakat Indonesia tercinta terutama dalam bidang kesehatan yang sedang menerpa bangsa ini, serta berusaha mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

     Semoga KSR–PMI tetap jaya dan terus melaksanakan misi kemanusiaan sepanjang masa! .

VISI

UKM KSR PMI Uit UNJANI menjadi unit kegiatan teladan di lingkungan Universitas Jenderal Achmad Yani dan mendukung kita almamater yang mampu mengembangkan kegiatan kemanusiaan dalam pengabdian masyarakat dengan profesional dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasar palang merah dan bulan sabit merah internasional.

MISI

  1. Menjadi unit kemahasiswaan di lingkungan UNJANI yang aktif, disiplin, dan profesional.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan latihan kepalangmerahan dalam meningkatkan kualitas dan potensi anggota.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berkesinambungan melalui kegiatan kemahasiswaan.
  4. Menggerakan generasi muda dan masyarakat dalam tugas kemanusiaan.
  5. Melakukan kerjasama organisasi baik internal di lingkungan UNJANI maupun eksternal kampus.
  6. Mengembangkan kreatifitas dan memperluas jangkauan kegiatan sebagai bentuk promosi dan kontribusi kepada almamater.
  7. Mengaplikasikan secara konsisten prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional dalam setiap kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *